visitors

Jumat, 14 Maret 2014

Masjid pun Ber-Akustik


Tepat, setelah sepekan di pulau 'K', ini adalah jumatan pertama.
Bertempat di Masjid Fatimah LEC Athirah Bukit Baruga - Antang, pertama kali menginjakkan kaki di lantai keramiknya langsung disajikan keindahan rumah Allah itu. Tidak hanya itu, pemandangan lain yang menarik adalah dari segi arsitekturnya, yakni langit-langit kubahnya. Bukan, bukan karena bentuknya, tetapi karena bahan pembuatnya.

Ya, masjid ini bergaya 'akustik', sangat memperhatikan penataan suara untuk kekhidmatan jamaah dalam mendengar suara ceramah, imam, dll. Pun posisi pengeras suara di dalam ruangan utamanya diatur sedemikian rupa sehingga 'rasa' suara yang diproduksi pun cukup nyaman untuk didengar telinga. Bentuk kubah yang 'dome' seperti pada umumnya memang cenderung rawan terjadi cacat akustik 'pemusatan suara' apalagi diperkaya bahan dinding serta lantainya dari bahan pemantul (reflector) suara seperti keramik, marmer, dll.

Akan tetapi, ini menarik! Langit-langit kubah yang menaungi ruangan utama masjid tsb dilapisi bahan penyerap suara (abrorber) yang terlihat di beberapa sedikit terkelupas. Ini masjid 'ber-akustik'! Ditambah lagi, pemantulan pada dinding dan lantai diminimasi dengan desain sisi-sisi masjid yang dibuat terbuka langsung kontak dengan bagian luar. Ini membuat suasana yang cukup untuk nyaman akustik dan termal (sirkulasi udara).

Dengan menggunakan aplikasi Android 'Sound Meter', rasa penasaran seorang pen-TA Bidang Akustik-pun cukup terjawab. Coba saja melakukan pengukuran dengan telepon genggam bermodal aplikasi itu meski dengan 'sadar diri' bahwa, pastinya, akan terlalu banyak faktor yang diabaikan. Hasilnya adalah seperti pada gambar yang diperlihatkan beserta penampakan masjidnya.

Pengukuran sederhana yang dilakukan:
-Saat Khatib Menyampaikan Khutbah (Pukul 12.23.55 WITA selama 30 detik pada suhu 29-30 C, posisi depan dekat imam, sedikit di bawah panel load speaker 30 cm dari lantai)
-Saat Imam Memimpin Doa Pascajumatan (Pukul 12.55.25 WITA selama 30 detik pada suhu 29-30 C, di tengah ruangan utama, di bawah pusat kubah pada ketinggian 150 cm dari lantai)

Keterangan:
-Jumlah load speaker adalah 5 panel (3 unit di bagian sisi Barat pada ketinggian +- 250 cm dari lantai, 2 unit terletak masing-masing di bagian sisi utara dan selatan pada ketinggian +- 250 cm dari lantai)



Alhamdulillaah, jumat mubarak!
#jumatsedekah

-Kido :)

Photo & Edited-Pictured by: KIDO'S PICTURES
Measurement Powered by: Sound Meter Android Apps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your green words, please :D