visitors

Kamis, 10 Oktober 2013

Nasi Goreng Ala Kido

Mencengangkan! Dari sekian banyak kuliner Indonesia, Nasi Goreng menjadi salah satu makanan terfavorit di dunia. Ke-2! Begitu yang dilansir okezone.com lewat http://www.okefood.com/read/2011/09/08/299/500339/large.

Nah, pun di Indonesia itu sendiri sudah pasti menjadi favorit pribuminya. Buktinya, lihat saja warung penjaja nasi goreng yang tersebar hampir di seluruh daerah du nusantara. Mulai dari pedagang gerobak dan tanggungan keliling juga warung statis pinggir jalan yang kebanyakan mulai beraktivitas menjelang malam, hingga di restoran-restoran yang 'open 24 hours'. Dari yang murah hingga yang harganya fantastis. Dari yang sederhana hingga yang kompleks modifikasinya. Nasi goreng punya Indonesia!

Dan satu hal, setiap daerah memiliki cita rasa khas tersendiri setiap olahan nasi gorengnya yang membuatnya kian variatif dan menarik untuk dicoba.
Kali ini, penulis akan berbagi resep pribadi Nasi Goreng Kampung. Nasi Goreng Kampung Ala Kido :)

Bahan-bahan yang dibutuhkan sederhana saja: Nasi (pastinya), terasi udang merah (soal warna bebas, tapi terasi warna biru memang jarang sekali), minyak goreng, cengek (cabe rawit), bawang putih, bawang merah, kencur, garam, dan gula putih.

Cara meramunya, pertama-tama bismillaah. Kemudian, siapkan coet dan mutu (ulekan) lalu gulirkan sejumlah cengek (sesuai selera pedas), bawang putih, kencur (seukuran buku jari kelingking), dan garam lalu ulek hingga cukup lembut. Sementara itu, sediakan papan talenan dan pisau, lanjut iris bawang merah dan cengek (jika ingin menambah 'spicy level').
Selanjutnya, siapkan wajan diisi minyak (dua sendok makan) lalu panaskan.

Mulai menggoreng! masukan irisan bawang dan cengek sebentar hingga tercium wanginya lalu masukkan bahan-bahan yang telah diulek tadi. Oseng-oseng oleh spatula supaya matang merata. Sebentar saja untuk sedikit menghilangkan sengatan bau kencurnya lalu masukkan terasi yang sudah dalam kondisi bubuk dan layak untuk dikonsumsi.
Aduk-aduk ala tukang nasi goreng jangan sampai terlalu kering, kemudian masukkan nasi satu porsi besar (bisa jadi) lalu kembali aduk.
Tambahkan garam sesuai selera. Kemudian, taburkan sedikit gula putih untuk memberikan citarasa gurih sebagai pengganti bahan penyedap rasa semacam MSG, dll.

Nasi Goreng Ala Kido pun matang dan siap dihidangkan hangat-hangat, tambahkan kol atau sayuran segar yang bisa dikonsumsi mentah sebagai lalap lainnya sebagai antioksidannya sekaligus garnis pada sajian. Perindah sesukamu. Satu hal terakhir, nampaknya akan lebih asik jika membuatnya untuk dan disantap bersama sekeluarga tercinta. Wilujeng nyobian (selamat mencoba) :D

-Kido :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Write your green words, please :D